Kamis, 27 Februari 2014

Gemuk/Grease



Seperti halnya pelumas, fungsi gemuk pada prinsipnya sama dengan pelumas yaitu untuk mengurangi gesekan dan aus pada permukaan dua benda yang bersinggungan, hanya saja prinsip kerjanya sedikit berbeda. Tidak seperti pada oli, karena sifat fisiknya yang cair maka oli membutuhkan bak untuk menampung dan pompa untuk mengalirkan ke tempat yang hendak dilumasi.
Gemuk dapat disebut pelumasan setempat. Dimana prinsip kerjanya adalah, jika tekanan bekerja pada gemuk, maka fluida (oli) akan keluar dari thickener dan menjalankan fungsi pelumasan, dan bila tekanan berkurang atau berhenti maka pelumas akan terserap kembali ke dalam thickener, karena prinsip kerja gemuk yang spesififik seperti di atas, maka gemuk lebih efektif untuk melumasi bearing.
di Perusahaan Daerah Air Minum Instalasi Pengolahan Air Sunggal, grease/gemuk yang dipakai jenis 657 HT (High Temperature Synthetic Wheel Bearing Grease).Grease 657 HT, meruapakan grease yang cocok dipakai untuk alat-alat berat seperti, Industri :, Pulp & Paper, & peralatan konstruksi berat, Bearing Blower, Bearing Pompa, Cylinder Dryer. serta Pertambangan, seperti : Dump Truck, Loader, Bulldozer, Exavator, Crane. Juga dapat digunakan pada alat pertanian seperti :  Tractor, Sugar Cane Machineries. Greashield 657 HT tidak mudah terlempar karena mempunyai daya lekat yang luar biasa terhadap permukaan logam, sehingga permukaan logam tidak dapat tembus oleh partikel debu dan tahan terhadap resapan air.
Gambar .Jenis-jenis warna pada Greashield 657 HT
Ada langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat pemberian grease di motor nomor 09 diruang Finished Water Pump, Pada saat pemberian grease/gemuk ke bearing, jangan pernah mencampurkan grease jenis 657HT dengan grease berjenis lain. Walaupun grease tersebut memiliki thickener yang sama, namun base oil dan aditif yang digunakan belum tentu sama. Tidak diperbolehkannya menggunakan grease yang sudah bekas,atau pada saat memberikan grease baru ke bearing lama ada baiknya grease lama yang terlekat pada bearing dibersihkan sebersih-bersihnya, jika tidak dilakukan takutnya grease yang baru tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai pelumas karena tidak dapat melakukan penetrasi ke metal akibat terhalang oleh gemuk yang lama. Dan yang terakhir jangan mengisi gemuk terlalu berlebihan atau terlalu penuh pada bearing dan rumah bearing, cukup isikan 80 % dari kapasitas bearing.

1 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus