Rabu, 26 Februari 2014

ROTOR

1.       Penutup inner Bearing /Inner bearing cap
Berfungsi untuk mencegah bearing agar mundur kebelakang mengenai badan stator, penutup bearing juga terdiri dari 2 bagian, depan dan belakang. Jika tidak ada Penutup bearing, maka putaran rotor tidak terkendali (Bisah-bisah motor rusak).

2.       Bantalan/Bearing
Bearing adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada  mesin atau komponen-komponen yang bergerak dan saling menekan antara satu dengan yang lainnya. Bearing digunakan  untuk menahan / menyangga komponen-komponen yang bergerak. Bearing biasanya dipakai untuk menyangga perputaran pada shaft, dimana terjadi sangat banyak gesekan.
Fungsi bearing:
§  Mengurangi gesekan, panas dan aus.
§  Menahan beban shaft dan machine.
§  Menahan radial load dan thrust load.
§  Menjaga toleransi kekencangan.
§  Mempermudah pergantian dan mengurangi biaya
     operasional.

3.       Penutup outher bearing/Outer bearing cap.
Fungsinya hamper sama dengan Penutup inner bearing dan juga terdiri dari 2 bagian depan dan belakang, yang membedakan hanya fungsi penutup outher bearing untuk mencegah bearing  untuk mundur kedepan, mengenai penutup bearing, yang dipasang diluar badan stator.

4.       V-Ring
Fungsinya hamper sama dengan ring pada umumnya, yaitu  mengikat/mengganjal penutup outher bearing. Adapun gambar-gambar dari keempat komponen utama yang berfungsi untuk membantu kinerja rotor, dapat dilihat pada gambar. berikut.

                                                   Gambar.  Tampak depan bagian as rotor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar