Rabu, 26 Februari 2014

STATOR



Stator merupakan bagian luar pada motor, atau lebih tepatnya bagian yang diam.

1.   Badan Stator
      Merupakan bagian yang terbuat dari besi tuang dimana pada bagian luarnya dikonstruksikan bersirip-sirip untuk memperluas daerah pelepasan panas motor, atau menerima angin dari kipas rotor, sehingga angin yang masuk dari sirip-sirip/celah-celah badan stator, berfungsi untuk mendinginkan motor listrik

 Gambar 1. Badan Stator.


2.   Kaki stator/Frame feet
      Pengunci pada bagian kaki stator, ketika motor bergerak, maka frame feet berfungsi untuk menahan motor agar tidak bergeser dari posisi aman
Gambar 2. Frame Feet/Kaki Stator

 3.  Inti Stator
      Terbuat dari beberapa lapisan besi lunak atau baja silikon yang direkatkan. Inti stator juga sering disebut sebagai alur stator.

Gambar 3. Inti Stator

4.   Belitan stator atau kumparan stator
      merupakan tempat terjadinya medan magnet yang ditempatkan pada alur stator motor. Kumparan stator dirancang agar membentuk jumlah kutub tertentu, untuk menghasilkan jumlah putaran yang diingankan.


Gambar 4. Belitan Stator

5.   Papan hubung/Terminal box,
       yaitu tempat peletakan ujung-ujung kumparan stator sekaligus sebagai tempat penentuan hubungan kumparan (bintang atau segitiga).

Gambar 5. Papan Hubung/Terminal Box

    Pada umumnya motor 3 fasa, bekerja pada hubungan Delta (Segitiga), adapun kontruksi dalam pada terminal box untuk motor induksi 3 fasa hubungan delta :
  
Gambar  6. Bagian dalam Terminal Box
6.  Papan Nama
     Yaitu bagian motor yang berisi data-data tentang motor seperti, merek, jumlah fasa/frekuensi, daya motor, banyak putaran, faktor daya, besar arusnya (pada saat hubung bintang dan segitiga, faktor daya, tegangan kerja, berat motor, negara pembuatan.

Gambar 7. Papan Nama

7.  Tutup Stator /Endshield
     Yaitu bagian tutup stator yang terdiri dari dua bagian depan dan belakang berfungsi sebagai penahan agar rotor tidak keluar(rotor yang berputar tidak keluar dari jalurnya).  

Gambar 8. Tutup Stator/End Shield Bagian depan

8.  Penutup Bearing / Outher Bering Cap
     Merupakan penutup bering, dan terdiri dari 2 bagian depan belakang, jika tidak ada penutup bearing, maka bearing bisah lari, atau bearing ikut berputar.
  
 Gambar 9. Penutup Bearing / Outher Bering Cap


9.   Kipas pendingin /external fan 
      Kipas yang berfungsi untuk mendinginkan motor, dimana rotor yang berputar diikuti oleh kipas pendingin, sehingga angin yang dihasilkan oleh kipas pendingin masuk melalui celah-celah sirip badan stator. 
Gambar 10. Kipas pendingin /external fan.

10.  Penutup kipas/Fan Cover 
       Tanpa adanya penutup kipas, tidak begitu mempengaruhi kinerja motor, tetapi penutup kipas berfungsi untuk pengaman, sehingga orang-orang yang berada disekitar motor tidak perlu khawatir untuk terkena kipas pendingin pada motor.  
 Gambar 11. Penutup kipas/Fan Cover.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar