Bagi para pelajar ataupun pengajar,
“belajar” merupakan kata yang tidak asing lagi untuk didengar, bahkan sebagian
besar pelajar ataupun pengajar, belajar bisa menjadi kebutuhan tersendiri bagi
tiap masing masing individu. tergantung siapa dan apa yang akan dipelajarinya.
Maka dari itu banyak orang yang mengemukakan pendapat tentang apa sebenarnya
belajar itu.
1.
Belajar adalah proses
yang dilahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan (apakah
dalam laboratorium atau dalam lingkungan) yang dibedakan dari factor yang tidak
termasuk dalam latihan (Sujanto, 1980 : 53).
2.
Belajar adalah
aktivitas manusia dimana semua potensi manusia dikerahkan (Gulo,2008 : 74).
3.
Belajar adalah suatu
bentuk perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan oleh cara cara bertingkah
laku yang baru berkat pengalaman dalam latihan (Hamalik 1980 : 103).
4.
Belajar sebagai suatu
proses yang membuat seseorang mengalami perubahan tingkah lakku sebagai hasil
dari pengalaman yang diperolehnya (Gage dan Berliner dalam Dimyati dan
mudjiono, 2006 : 116).
5.
Belajar adalah suatu
proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur,
hidup sejak dia masih bayi hingga keliang lahat nanti, (Arief S.Sadima,dkk:02)
6.
Belajar adalah kegiatan
individu memperoleh pengetahuan, perilaku dan keterampilan supaya mendapat
suatu kepandaian, (Freddi Sutarno Sidabutar :2012:10)
7.
Belajar ialah suatu
proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah
laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungan (Slameto :2003:02)
8.
Menurut Higard (dalam
sujanto, 1980:53) bahwa belajar adalah proses yang dilahirkan atau mengubah
suatu kegiatan melalui jalan latihan (Apakah dalam laboratorium atau dalam
lingkungan) yang dibedakan dari factor yang tidak termasuk dalam latihan.
9.
Belajar adalah proses
perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang
ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses
berbuat melalui berbagai pengalaman , peruses melihat mengamati dan memahami
sesuatu yang dipelajari (Lamhot Basani Sihombing.2011:41)
Dengan
demikian bukti bahwa seorang peserta didik telah melakukan kegiatan belajar
ialah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku
tersebut seperti perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan
keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).
Kegiatan dan usaha untuk mencapai perubahan tingkah laku untuk memecahkan suatu
permasalahan, adalah peroses belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar