Jumat, 21 Februari 2014

PENGERTIAN BELAJAR



Bagi para pelajar ataupun pengajar, “belajar” merupakan kata yang tidak asing lagi untuk didengar, bahkan sebagian besar pelajar ataupun pengajar, belajar bisa menjadi kebutuhan tersendiri bagi tiap masing masing individu. tergantung siapa dan apa yang akan dipelajarinya. Maka dari itu banyak orang yang mengemukakan pendapat tentang apa sebenarnya belajar itu.
1.        Belajar adalah proses yang dilahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan (apakah dalam laboratorium atau dalam lingkungan) yang dibedakan dari factor yang tidak termasuk dalam latihan (Sujanto, 1980 : 53).
2.        Belajar adalah aktivitas manusia dimana semua potensi manusia dikerahkan (Gulo,2008 : 74).
3.        Belajar adalah suatu bentuk perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan oleh cara cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dalam latihan (Hamalik 1980 : 103).
4.        Belajar sebagai suatu proses yang membuat seseorang mengalami perubahan tingkah lakku sebagai hasil dari pengalaman yang diperolehnya (Gage dan Berliner dalam Dimyati dan mudjiono, 2006 : 116).



5.        Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur, hidup sejak dia masih bayi hingga keliang lahat nanti, (Arief S.Sadima,dkk:02)
6.        Belajar adalah kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku dan keterampilan supaya mendapat suatu kepandaian, (Freddi Sutarno Sidabutar :2012:10)
7.        Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan (Slameto :2003:02)
8.        Menurut Higard (dalam sujanto, 1980:53) bahwa belajar adalah proses yang dilahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan (Apakah dalam laboratorium atau dalam lingkungan) yang dibedakan dari factor yang tidak termasuk dalam latihan.
9.        Belajar adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman , peruses melihat mengamati dan memahami sesuatu yang dipelajari (Lamhot Basani Sihombing.2011:41)
Dengan demikian bukti bahwa seorang peserta didik telah melakukan kegiatan belajar ialah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut seperti perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Kegiatan dan usaha untuk mencapai perubahan tingkah laku untuk memecahkan suatu permasalahan, adalah peroses belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar