Rabu, 26 Februari 2014

Langkah-Langkah Melakukan Servis Motor



Adapun langkah-langkah saat melakukan servis motor induksi 3 fasa rotor sangkar di ruang Finished Water Pump (FWP) Motor nomor 9 adalah :
1.    Menghidupkan Motor No 09 dan Melihat Keadaan Motor Saat dihidupkan.
2.    Pemindahan motor menggunakan katrol.
3.    Pelepasan Baut-baut yang ada pada kaki motor dengan menggunakan kunci pas. Kemudian buka Penutup kipas, dengan Obeng +/-, setelah itu, tarik kipas pendingin.
4.    Buka Penutup bearing dengan menggunakan kunci pas, setelah itu tarik dengan treeker,  kemudian buka tutup stator dengan kunci pas, lalu buka tutup stator dengan kunci pas dan treeker. Pada saat membuka penutup bearing dan tutup stator dengan menggunakan treeker harus seimbang, kalau tidak, penutup bearing dan tutup stator akan baling.
5.    Buka V-ring menggunakan kunci pas ring, kemudian buka  Bearing dan Outher Bearing menggunakan treeker, jika bearing susah dibuka dengan treeker, pukul pengganjal treeker dengan menggunakan palu besi.
6.    Jika seluruh bagian rotor terlepas (V-ring, Outher Bearing muka belakang, Bearing) kemudian as rotor yang tadinya tempat v-ring , outher bearing dan bearing harus di grinda dan dikertas pasiri, bertujuan untuk mengikis besi yang tadinya telah memuai.
7.    Setelah itu, ganti bearing lama dengan yang baru, cara memasukan bearing tidak lagi dipukul, melainkan bearing dipanaskan dengan menggunakan mesin pemanas/bisah memakai setrika, setelah bearing, v-ring dan outher bearing dimasukan ke as motor, pasang bagian-bagian penutup stator, dan motor siap dihidupkan/difungsikan kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar